Tweetdeck VS Hootsuite, Manakah Aplikasi Terbaik?

SIMFEROPOL RUSSIA - NOVEMBER 11 2014: Silver Apple iphone 6 in jeans pocket displaying Twitter application. Twitter is an online social networking service that send and read messages

Jika pekerjaanmu saat ini banyak melibatkan aktivitas update social media dan berinteraksi dengan followers, kamu tentu pernah berpikir platform social media management mana yang sebaiknya kamu gunakan. Dua pilihan paling populer yang ada saat ini adalah TweetDeck dan Hootsuite.

Namun di antara mereka mana yang terbaik? Sebenarnya tidak ada yang lebih baik di antara mereka, karena keduanya menawarkan fitur pilihan yang bervariasi. Berikut ini beberapa perbandingan dua platform tersebut.

Layout

Baik TweetDeck dan Hootsuite sama-sama memiliki layout yang serupa. Mereka menggunakan dashboard dengan beberapa kolom terpisah yang memudahkanmu mengorganisir strea, @mention, messages, hashtag yang ingin dilacak dan sebagainya. Kamu bisa menambahkan sebanyak-banyaknya kolom yang diinginkan dan menggesernya ke kiri dan ke kanan untuk melihatnya.

TweetDeck: TweetDeck menyediakan fitur pop-up box yang akan muncul di pojok kanan atas layarmu setiap ada update dipost. Dalam versi lama tersedia beberapa pilihan layout, namun sejak diakuisisi oleh Twitter, pilihan tersebut dihilangkan. Tombol untuk menulis tweet terletak di tengah dengan mode pop-up box (mirip seperti Twitter via web) bersamaan dengan akun profil yang terhubung ke TweetDeck sehingga kamu bisa posting ke multiple profil.

HootSuite: HootSuite menyediakan warna tema yang bisa kamu pilih untuk dashboard jika kamu tidak menyukai warna teks terang dalam background gelap. Kamu juga akan menemukan jajaran menu di bagian kiri layar ketika kamu scrolling mouse ke beberapa icon tersebut. Tidak seperti TweetDeck, Hootsuite tidak menampilkan pop-up box di sudut layar untuk live update. Post boxnya terletak di bagian atas layar, bersamaan dengan pilihan akun profil yang ingin diupdate.

TweetDeck memiliki aplikasi desktop baik untuk OS X dan Windows, sedangkan HootSuite hanya bisa dibuka melalui browser Internet. Namun keduanya menyediakan aplikasi versi mobile baik iOS dan Android.

Integrasi ke Profil Sosial Media

Ada beberapa perbedaan besar antara TweetDeck dan Hootsuite dalam hal ini. TwetDeck cenderung terbatas, namunHootSuite menawarkan lebih banyak pilihan.

TweetDeck: TweetDeck hanya bisa terhubung ke profil Twitter, Facebook atau Fan page Facebook. Hanya itu saja. Sebelumnya Tweetdeck pernah memasukkan jejaring sosial lainnya, namun kemudian dihilangkan setelah diakuisisi oleh Twitter. Kamu bisa terhubung ke berpuluh-puluh akun Twitter atau Facebook sekalipun, namun jika ingin update Google+. Tumblr, Foursquare, WordPress atau platform lain, kamu tidak bisa melakukannya di TweetDeck.

HootSuite: Untuk mengupdate akun selain Facebook dan Twitter, HootSuite memiliki pilihan yang lebih baik. HootSuite bisa diintegrasikan juga dengan Google+, LinkedIn profil/grup/perusahaan, Foursquare, WordPress, MySpace, dan akun Mixi. Jika belum cukup, HootSuite memiliki App Directory yang bisa kamu hubungkan dengan akun sosial lainnya seperti YouTube, Tumblr, Flickr, Instagram dan banyak lagi. Meskipun begitu, untuk free akun dengan HootSuite hanya memperbolehkanmu untuk terhubung ke maksimal 5 profil. Kamu harus upgrade ke akun Pro jika harus mengelola lebih dari lima profil.

Fitur Manajemen Sosial

Mengupdate profil sosial media melalui platform konvensional mungkin sudah cukup bagimu, namun pasti akan lebih seru jika kamu bisa mendapatkan akses khusus untuk bisa mengupdate dengan lebih mudah dan mengetahui performa profil sosialmu dengan lebih baik. Berikut ini adalah beberapa fitur yang ditawarkan TweetDeck dan HootSuite.

TweetDeck: Jika kamu menekan tool ikon kecil di pojok kanan atas dashboardmu dan klik “Settings,” kamu akan melihat fitur ekstra yang bisa kamu lakukan dengan TweetDeck. Kamu bisa menambahkan atau menghapus akun, memilih link shortener atau platform berbagi gambar/foto, dan memfilter topik-topik di Twitter yang tidak ingin kamu lihat.

HootSuite: HootSuite jelas lebih unggul di sini karena memilik fitur ekstra yang lebih banyak. Yang harus kamu lakukan hanyalah menjelajah ke menu-menu yang ada di bagian kiri sidebar, kamu bisa mendapatkan laporan analisis lengkap dari interaksi sosial, membuat dan mengelola tugas-tugas dengan rekan satu tim, berpartisipasi dalam percakapan dengan anggota tim secara langsung melalui HootSuite dan banyak lagi. Ketika kamu upgrade ke akun Pro atau Enterprise, kamu akan mendapatkan fitur lebih banyak lagi.

TweetDeck atau HootSuite: Yang Mana?

Jika kamu adalah user Twitter atau Facebook yang mencari solusi gratis untuk update status dan berinteraksi lebih mudah, TweetDeck adalah pilihan tepat. Namun jika kamu harus mengelola banyak akun atau membutuhkan layanan social management untuk kebutuhan bisnis, maka HootSuite pilihan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *