Tak Punya Waktu Mengelola Tapi Ingin Punya VPS? Begini Caranya

VPS

Banyak reseller mungkin akan mempertimbangkan untuk pindah ke Virtual Private Server (VPS) pada kondisi tertentu, apakah itu untuk menawarkan pilihan upgrade dari shared hosting untuk pelanggan, untuk menjalankan sebuah website yang sangat besar atau penting, atau yang lainnya. Sebuah VPS adalah solusi efektif jika kebutuhan kita telah melampaui batas kemampuan dari shared hosting.

Ketika membuat keputusan apakah akan update ke VPS atau tidak, pastikan bahwa kita memiliki sumber data yang cukup untuk mengelolanya. Level administrator yang diperlukan untuk mengelola VPS jauh lebih besar daripada shared hosting, dan penting bagi kita untuk memahami persyaratan apa saja yang dibutuhkan sebelum mengambil langkah selanjutnya.

Pengetahuan dan keahlian

Untuk mengelola server sendiri sampai ke root level, kita akan membutuhkan pengetahuan dan keahlian sebagai system administrator. Hal ini termasuk pemahaman yang kuat tentang sistem operasi (Linux atau Windows), termasuk bagaimana mengelolanya, mengamankannya, dan menetapkan reguler patch dan updates.

Kita juga perlu memahami bagaimana untuk mengkonfigurasi dan mengelola layanan yang berjalan pada VPS. Seperti Apache, Tomcat, Exim, FTP, MySQL, SSH, PHP, cPanel, Bind, Java, atau aplikasi khusus lainnya yang sangat penting. Masing-masing layanan ini harus terus di monitor dan diperbaharui secara berkala.

Waktu

Semua tugas system administrator membutuhkan waktu. Kita perlu memastikan bahwa kita memiliki sumber daya yang memadai untuk fokus pada konfigurasi, patch, dan pemeliharaan, untuk menjamin ketersediaan server. Ketika sesuatu berjalan tidak sebagaimana mestinya, kita akan membutuhkan waktu dan sumber daya untuk menangani masalah, apakah itu sebuah patch keamanan untuk sistem operasi yang berdampak pada fungsi aplikasi, atau patch untuk cPanel yang bedampak pada kinerja website pelanggan.

VPS Server Management

Bagi beberapa reseller, mungkin pengetahuan dan waktu untuk mengelola server tidaklah banyak. Solusinya adalah dengan VPS server management, VPS server management memungkinkan kita untuk melakukan outsource routine systems task yang berjalan di VPS pada cloud hosting. VPS server management biasanya meliputi setup, konfigurasi, dan pemeliharan server.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *