Strategi Marketing: Ini Dia Hal yang Harus Kamu Tahu Dari Competitor

online-business-strategy-600x480

Kamu perlu mengembangkan rencana marketing yang besar untuk per dollarnya dengan 12 langkah cara marketing. Untuk itu, kamu perlu mengetahui siapa saja pesaingmu setiap kali. Kemudian, apa yang kamu pikirkan apa yang dibutuhkan oleh klien? Bagaimana cara perusahaan mengetahuinya.

Klien akan merasakan perbedaan pada klienmu, sehingga kamu perlu mengetahui persepsi klienmu. Dengan begitu, kamu dapat menyoroti marketingmu dan mencari cara mengatasi beberapa kesalahan. Mulailah membangun file pada setiap pesaingmu dari sekarang.Carilah perubahan yang menimbulkan ancaman bagi bisnismu.

Langkah pertama, kamu bisa mengkategorikan pesaingmu. Apakah sebanding sebanding dengan apa yang kamu tawarkan, seperti, kualitas layanan dan harga? Identifikasikanlah 5 atau 10 poin!

Pikirkan juga pada pesaingmu yang tidak langsung. Biasanya mereka tidak menawarkan layanan yang sama dengan kamu. Namun, klien yang ideal akan melihat penawaran lain sebagai alternative. Contohnya, 2 bioskop yang menampilkan film yang sama, ini artinya pesaing langsung. Ada juga konsumen yang mencari hiburan lain, seperti, acara olah raga, taman hiburan, dan klub malam. Mereka semua akan bersaing untuk uang dan menarik konsumen.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang perlu dipertimbangkan untuk menganalisis pesaingmu:

  • Layanan apa yang ditawarkan?
  • Apa fokus utamanya?
  • Jika dibagi ke kategori (pemula, menengah, dan ahli), maka yang akan difokuskan?
  • Apakah ini akan menguntungkan orang-orang?
  • Keuntungan apa yang ditawarkan? (Jangan mencoba menduplikasi keuntungan pesaingmu, kecuali kamu melakukannya dengan baik)
  • Apa pesan yang akan di komunikasikan pada materi marketing? Bagaimana mereka memposisikan diri?
  • Bagimana reputasi mereka? Bagaimana posisinya?

Setelah itu buatlah daftar bisnis favoritmu, tanyakan pada diri sendiri, kenapa kamu memilih belanja dengan pesaing mereka? Bagiamana penawarannya? Bagaimana kualitas pelayanannya? Keandalan? Kesopanan? Harga?

Bagiamana mereka memposisikan marketing dengan pesaing? Apa yang kamu pelajari untuk kamu terapkan?

Kamu perlu membuka jendela bisnismu dalam pemikiran klien. Periksalah situs pesaingmu melalui siaran pers, studi kasus, dan presentasi. Identifikasikanlah bagaimana mereka memposisikan bisnis mereka dengan klien.

Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk pesaingmu:

  • Apakah pesaingmu melakukannya dengan baik?
  • Bagaimana kekuatannya? Apa jaminannya? Apakah penawarannya kuat?Apakah finansial mereka kuat.
  • Apakah kamu mengabaikan kesempatan dan kebutuhan dalam niche?
  • Apakah itu baik atau buruk?
  • Mengapa klienmu melakukan bisnis?
  • Bagaimana harga pesaingmu?
  • Tren apa yang sedang di gandrungi oleh pelanggan?
  • Bagaimana cara mereka mengemas layanan mereka untuk menarik pelanggan? (penawaran khusus, bonus, jaminan, rencana, pembayaran, tambahan jam layanan, penyedia layanan)
  • Apa kelemahan yang pesaingmu miliki?

Berikut adalah contoh pengetahuan pesaingmu untung keuntunganmu, misalnya agensi asuransi. Diskon akan terlihat tampak menarik, namun sayangnya hampir semua pesaing akan menawarkan diskon pada layanan atau produknya.

Baca juga : Strategi Marketing: Begini Mempromosikan Usahamu Dengan Ciamik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *