Strategi Marketing: Begini Mempromosikan Usahamu dengan Ciamik!

20150420215325-social-media-twitter-facebook-snapchat-viber-iphone-apple-cellphone

Poin penting bagi pemilik bisnis adalah menyadari bahwa mereka harus bekerja keras untuk diri mereka sendiri sekaligus perusahaannya. Sebagai entrepreneur, kamu harus ingat bahwa salah satu cara agar calon klien menyadari keberadaanmu adalah dengan menampakkan diri.

Channel pemasaran tradisional seperti pengiriman surat, iklan di radio atau di baliho-baliho memang telah mulai ditinggalkan. Namun selama beberapa tahun terakhir, di tengah pergerakan era digital yang sangat cepat, cara lama itu agaknya sedikit dilirik kembali sehingga menggabungkan strategi marketing online dan offline. Simak cara ampuh mempromosikan bisnismu melalui hal-hal berikut ini.

Word of mouth (WOM)

Mendengar brand kita berhasil dipasarkan secara masif melalui mulut ke mulut menjadi hal yang cukup menyenangkan dan mudah bagi pemilik bisnis. Karena separuh pekerjaan dari menjual produk telah berhasil kamu kerjakan. Klien yang mengetahuimu melalui koneksi pertemanan biasanya mengetahui siapa kamu dan bisnis apa yang kamu kerjakan. Bisa jadi mereka adalah teman dari klien yang puas dengan pelayananmu, atau mungkin teman dari temanmu.

Strategi marketing dengan cara ini membuat rasa percaya publik jauh lebih besar dibandingkan marketing melalui iklan. Asosiasi Word of Mouth Marketing bahkan telah menunjukkan bahwa perbandingan dampak penjualan melalui word of mouth 5 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan hasil penjualan melalui iklan di media.

Media sosial

Media sosial, adalah cara yang baik untuk memasarkan dirimu. Facebook, Twitter, Instagram: jejaring sosial ini paling tidak harus selalu kamu pantau setiap harinya, jika ingin strategimu berhasil. Sisipkan pesan marketing ke dalam media sosialmu setiap hari, penting untuk bisa menciptakan sesuatu yang menginspirasi interaksi audiens dengan brand-mu.

Berikan suatu topik untuk dibicarakan.

Jangan malu untuk membuka diri ke publik. Kamu sebagai pemilik bisnis, bisa menuliskan setiap minggu tentang semua hal yang kamu suka, mungkin tentang entrepreneurship atau business builduing. Berikan sesuatu yang layak untuk diperbincangkan. Atau jika kamu peduli tentang pemberdayaan perempuan, atau bahkan curahan hatimu tentang perjuangan membangun perusahaan ini, jangan ragu ungkapkan hal itu. Dengan melakukan ini, kamu bisa berdialog dengan audiens dan menjadikan dirimu sebagai sosok yang mudah dijangkau dan dimengerti.

Buatlah dampak besar untuk perusahaan dan individu. Buat mereka memberikan rasa percaya padamu dengan mengenalmu lebih dekat.

Hubungan akrab

Jangan malu jika klien ingin lebih akrab denganmu. Mengetahui nama anak mereka atau sekedar berbagi cerita lucu yang terjadi padamu saat akhir pekan mampu menciptakan ikatan yang kuat antara kamu dan orang yang bekerja denganmu. Tunjukkan bahwa kamu bukan hanya CEO tapi juga manusia biasa. Jadikan klienmu layaknya teman, karena dengan begitu kamu akan merasa semua pekerjaan yang kamu lakukan lebih bermanfaat. Membuat perusahaanmu juga menjadi lebih dipercaya dan memuaskan. Tunjukkan bahwa kamu tidak hanya bekerja untuk mereka tapi juga perlakukan dan pedulikan mereka dengan baik.

Bagaimana dengan perusahaanmu? Adakah strategi marketing lainnya yang bisa dibagikan? Jangan ragu untuk menambahkannya di kolom komentar.

Ingin punya bisnis online? Buka tokomu sekarang juga di Jejualan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *