Pahami 4 Langkah Membuat Platform Affiliate Marketing

Affiliate Marketing

Pemasaran affiliate merupakan salah satu cara yang bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet jika dilakukan dengan benar. Kamu harus memilih niche yang tepat untuk membangun bisnis affiliate. Namun, pemilihan niche hanyalah bagian dari langkah awal, proses membangun inilah yang biasanya disebut platform oleh Internet Marketers.

Mengapa harus membangun platform affiliate?

Platform pemasaran affiliate bisa didefinisikan sebagai dasar, di mana pemasar affiliate bisa membangun otoritas dan keahlian mereka pada niche, sebagai cara untuk meningkatkan target audiens.

Mengapa kamu harus segera membangun platform ini? Pertama, memiliki platform ini memungkinkan untuk mengontrol merek bisnis, baik itu nama merek dagang atau nama pribadi.

Sumber pihak ketiga seperti Facebook atau Twitter juga bisa membantu untuk menghasilkan traffic dan mempromosikan barang, tapi ini rentan terhadap perubahan pada syarat dan ketentuan yang berlaku. Perubahan ini bisa saja membahayakan apa yang telah kamu bangun selama ini.

Kedua, memiliki platform ini bisa meningkatkan faktor kepercayaan dengan prospek yang bagus. Pengunjung memiliki kesempatan untuk melihat “kick the tires” semacam berbicara. Jika mereka melihat produk sesuai dengan apa yang mereka lihat, ini bisa memberikan peluang untuk meyakinkan mereka membeli produk tersebut.

Terakhir, platform ini memberikan alternatif dalam teknik pemasaran untuk menghasilkan penjualan pada pemasaran affiliate.

Cara membangun Platform Pemasaran Affiliate

Ada berbagai platform yang bisa kamu atur secara bersamaan, tetapi pada umumnya sebagai pemula kamu harus membuat blog self-hosted WordPress sebagai platform bisnis pemasaran affiliate. Pilihan pihak ketiga (Misal, Facebook fan pages, Youtube, podcast, dll) bisa digunakan untuk mendukung blogmu. Oleh karena itu, berdasarkan dari apa yang telah kita ketahui sekarang, ada 4 langkah utama dalam membangun platform:

1. Tentukan nama merek untuk bisnis affiliate-mu

Dalam kebanyakan kasus saat ini, apakah kamu ingin membuat merek sebagai merek pribadi atau membangun merek disekitar nama perusahaan bisnis. Tidak ada jawaban salah atau benar, itu semua tergantung pada tujuan spesifik bisnismu.

2. Tentukan nama domain dan hosting

Keputusan memilih nama untuk bisnis affiliate akan menentukan nama domain yang akan kamu gunakan. Pilihan ketiga kadang dianggap oleh affiliate untuk memperoleh nama deskriptif yang mengikat langsung ke niche mereka. Hal ini sering digunakan untuk mengoptimalkan hasil pada mesin pencari, tapi kadang hasilnya tidak terduga dan bahkan justru sering merugikan usahamu sendiri.

3. Buat blog WordPress

WordPress adalah pilihan terbaik untuk blog hosting dan untuk menjalankan pemasaran affiliate. Kunjungi WordPress.org bukan WordPress.com, untuk mendownload software yang diperlukan. Pilihan lain, kamu bisa mendaftar pada penyedia hosting yang menyertakan instalasi WordPress sederhana. Jangan lupa untuk menambahkan tema untuk WordPress. Ada banyak tema yang bisa kamu pilih secara gratis. Namun, jika memiliki anggaran $100 atau lebih, pertimbangkan untuk membeli tema premium yang dapat membantu untuk berdiri keluar dari blogger affiliate lainnya.

4. Mulai membangun daftar email sekarang juga

Mengapa banyak yang berpendapat “Daftar email adalah uang”?

Sederhana, karena memang itulah yang harus dilakukan. Untuk menghasilkan penjualan, kamu harus membuat sebuah relasi pasar yang kuat dan teknik list-building menggunakan blog atau metode pihak ketiga lainnya yang merupakan kunci sukses jangka panjang.

Membangun daftar email memungkinkanmu untuk dapat menindaklanjuti prospek untuk membangun hubungan dan membuat beberapa penjualan untuk memaksimalkan keuntungan jangka panjang. Itulah cara membangun sebuah platform pemasaran affiliate yang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *