Ketahui Hal ini Sebelum Menghapus Plugin dari Cpanel!

cpanel-logo

Berdasarkan definisi, plugin adalah bagian dari software atau aplikasi yang memberikan fungsi tambahan yang lebih luas pada aplikasi software. Sekarang, ada banyak jenis plugin yang sering diinstall pada cPanel, dan kita harus rutin menghapusnya untuk berbagai alasan. Salah satu contoh pluginnya adalah Macromedia flash player, yang membuatmu bisa menonton film online pada situs semacam YouTube, dan banyak sekali plugin lainnya yang mungkin akan kamu butuhkan dalam Cpanel. Namun, jika ada banyak versi plugin lawas yang berjalan di cPanel dan sudah tak lagi dibutuhkan, maka hal itu bisa menyebabkan kelemahan sekuritas, dan meningkatkan kemungkinan serangan malware.

Jika saat ini kamu sedang menghadapai kesulitan dalam menjalankan cPanel, mungkin yang kamu butuhkan adalah plugin. Pada dasarnya, plugin berperan sebagai sebuah link dalam aplikasi pihak ketiga.

Menginstall plugin dalam cPanel

  1. Kamu bisa menuju http://cpanel.net/developers/cpanel-plugins/ untuk mendapatkan file install untuk plugin yang ada data konfigurasinya.
  2. Setelah kamu mendapatkan file instalnya (register_cpanelplugin), kamu bisa segera menginstallnya.
  3. Copy file install tersebut ke lokasi server yang kamu inginkan untuk simpan – usr/local/cpanel/bin/

Uninstall Plugin di cPanel

  1. Jalankan /usr/local/cpanel/bin/register_cpanelplugin
  2. Kemudian, sekarang saatnya mengecek output setelah menjalankan register script, selagi cPanel membuat perubahan konfigurasi seperti branding dan themes yang disimpan dalam server. Setelahnya plugin akan muncul dengan cPanel dalam server.
  3. Menguninstall plugin sangat mudah, dan kamu hanya harus menghapusnya jika sudah tidak dibutuhkan, melalui tahap /usr/local/cpanel/bin/unregister_cpanelplugin

Kamu bisa menulis pluginmu sendiri dengan menggunakan cPanel SDK (Software Development Kit) yang berisi instruksi dan sample kode dari metode yang akan membantumu berinteraksi dengan berbagai teknologi cPanel. Tersedia pula beberapa versi API, sebagai tambahan untuk berbagai modul dan script.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *