Blogging: Begini Cara Membangun Komunitas Pembaca di Web

I love blogging handwritten on school blackboard

Blogging adalah bentuk komunikasi yang sangat efektif untuk keberlangsungan bisnis perusahaan. Melalui blog, kamu bisa berkomunikasi dengan konsumen dan calon konsumenmu secara personal/pribadi. Bisa dikatakan blogging adalah representasi brand yang sesuai bagi perusahaan. Hal ini sangat efektif untuk membangun hubungan baik dengan konsumen, jangka panjangnya juga akan sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis di masa depan.

Berikut ini ada 5 tips untuk membangun reputasi bisnis melalui blogging dan komunitas online dari para konsumen yang loyal:

  1. Buat penampilan dan konten blog yang professional

Pertama-tama, kamu harus focus membuat tampilan blog yang menarik. Kamu perlu memastikan bahwa blogmu memiliki penampilan yang profesional. Selain penampilan, kontennya pun juga harus dibuat menarik. Dengan begitu kamu akan bisa menarik minat first-timer visitor dan calon konsumen potensial untuk mengenal lebih dekat tentang bisnismu. Selain itu, tampilan dan konten yang professional juga bermanfaat untuk menumbuhkan kredibilitas brandmu di dunia maya. Penting untuk bisa menumbuhkan rasa percaya calon konsumen, dengan begitu bisnismu juga akan berjalan dengan sukses.

  1. Komunikasi yang personal ke audiens

Tujuan dari blogging adalah sebagai sarana komunikasi antara brand dengan audiens yang lebih personal. Oleh karena itu, blog sebaiknya dibuat sebagai wadah sharing yang bersifat personal dan sebagai jurnal online. Blog perusahaan sebaiknya bisa mengkomunikasikan pesan-pesan kepada audiens dengan lebih intim, hal ini akan mempererat hubungan dengan mereka. Perlakukan blogmu sebagai ‘aspek personal’ perusahaan.

  1. Mengikuti perkembangan tren

Selalu terpa audiensmu dengan berita-berita yang berhubungan dengan industrimu. Lebih pentingnya lagi, ikuti tren yang sedang happening saat ini. Dengan cara ini, audiensmu akan selalu diupdate dengan informasi terkini tentang hal-hal yang terjadi di industrimu. Mengikuti tren berarti kamu menunjukkan pada audiens bahwa perusahaanmu siap untuk melakukan pengembangan dan perbaikan kapanpun dibutuhkan. Reputasi brandmu juga dapat meningkat karena jika kamu ingin orang lain mempercayaimu, kamu harus tahu lebih banyak hal yang terjadi di sekitar.

  1. Menghubungkan blog ke jejaring sosial

Jangan lupa untuk menunjukkan kehadiranmu di platform media sosial. Menarik traffic melalui blog saja tidak cukup. Kamu harus menghubungkan blog dengan berbagai platform media sosial supaya mereka bisa menemukanmu di setiap platform yang digunakan. Dengan begitu mereka bisa mendapat update lebih cepat. Ketika kamu melakukan ini, kamu akan membuat dengan cepat menaikkan jumlah pembaca blog, karena nama blogmu akan segera viral melalui situs-situs jejaring sosial tersebut. Jangan remehkan strategi branding seperti ini, karena hal ini penting dilakukan jika kamu ingi sukses menyebarkan informasi tentang blog di media sosial.

  1. Buka sesi tanya-jawab dan diskusi

Poin terakhir yang bisa membuat blogmu lebih menarik dan memiliki reputasi positif adalah dengan menyediakan sesia tanya-jawab dan diskusi antara kamu dengan pembaca. Minta pembaca/visitormu menuliskan di kolom komentar jika mereka memiliki pertanyaan. Mendorong terjadinya diskusi positif antara kamu dan pembaca akan  sangat membantu dalam pengembangan bisnis. Ingat, mereka adalah calon konsumen potensial, jadi perlakukan mereka dengan penuh perhatian. Jawab semua pertanyaan dan catat semua feedback dari mereka.

Ikuti kelima tips blogging di atas dan kamu akan mampu membangun reputasi yang baik untuk bisnis perusahaan. Setelah itu kamu akan dengan sangat mudah menjalin hubungan baik dengan para konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *