Begini Cara Mengetahui Tipe Keyword dalam Iklan PPC

computer-mouse-click

Dalam dunia iklan PPC (pay-per-click), keyword atau kata kunci memiliki berbagai jenis variasi. Untuk Google AdWords dan Bing Ads, ada lima variasi yang disebut “match types.” Masing-masing memiliki kegunaan spesifik yang bisa digunakan oleh PPC-savvy untuk meningkatkan performa web mereka.

Broad Match

Ini adalah setelan default untuk keyword baru di berbagai platforms. Seperti namanya, Broad Match memberikan keleluasaan pada mesin pencari ketika mencocokkan kata kuncimu dengan permintaan pencarian tertentu. Baik permintaan pencarian maupun keyword bisa merupakan beberapa kata. Dengan Broad Match, kata kuncimu bisa dicocokkan dengan kata-kata dalam urutan apapun. Bisa juga cocok dengan sinonim.

Contohnya, jika kata kuncimu misalnya adalah “red shoes”, iklanmu bisa muncul untuk berbagai jenis pencarian, misalnya “buy red shoes,” “shoes that are red”, “ruby shoes”, dan “ruby slipper”—ruby adalah nuansa warna merah dan slipper adalah jenis sepatu.

Broad Match terkadang bisa menjadi terlalu melebar kemana-mana seperti yang dicontohkan di atas. Namun hal itu bisa menjadi bagus juga. Google melaporkan bahwa 20 persen dari pencarian perbulan adalah pencarian unik, dan pencarian tersebut belum pernah muncul sebelumnya. Sebagai pengiklan kamu tentu tidak ingin jika harus menghasilkan 20 persen keyword lagi setiap bulannya. Broad Match bisa membantumu ‘menangkap’ permintaan pencarian baru tersebut. Jika kamu tertarik dengan kendali yang lebih bebas, pertimbangkan jenis keyword selanjutnya: modified Broad Match.

Modified Broad Match

Untuk memodifikasi keyword Broad Match kamu hanya harus menambahkan tanda “+” di depan kata-kata tersebut. Jika dalam kasus keywordred shoes” maka akan menjadi “+red +shoes”. Dengan begitu sistem akan memberitahu mesin pencari bahwa iklanmu hanya memenuhi syarat jika ada kata-kata dengan “+” muncul.

Jadi misalnya keywordmu adalah “+red +shoes” hanya akan bisa cocok ke kata kunci “buy red shoes” dan “shoes that are red”. Namun tidak bisa cocok dengan pencarian seperti “ruby slippers” atau “magentas shoes” atau “red Nikes.”

Banyak yang belum memahami tentang keyword jenis ini, para pengiklan PPC banyak yang melewatkannya. Sebaiknya kamu memanfaatkan jenis satu ini terutama jika volume adalah target utamanya. Dan kamu bisa menggunakan negative keywords, seperti yang akan dijelaskan di bawah.

Phrase Match

Jika urutan keyword dalam permintaan pencarian ini benar-benar penting, maka pertimbangkan untuk menggunakan Phrase Match. Contohnya, jika kamu ingin beriklan di “Californnia hotels,” tapi kamu tidak ingin muncul dalam hasil pencarian dengan keyword “hotel California.” Phrase Match juga memungkinkan iklanmu untuk muncul ketika seseorang menambahkan kata-kata sebelum atau sesudahnya, seperti “best California hotels” atau “Califoria hotels near Disneyland.”

Untuk menggunakan Phrase Match, letakkan quote di sekitar keywordmu ketika mengunggahnya ke dalam interface. Perhatikan bahwa kamu sebaiknya menggunakannya hanya ketika kamu ingin mengindikasikan Phrase Match.

Exact Match

Jika kamu ingin mengindikasikan pada mesin pencari dengan tepat keyword tertentu yang harus muncul, urutan pastinya yang harus dituliskan, dan kamu tidak ingin ada tambahan kata di depan maupun di belakang keyword tersebut, makan Exact Match adalah yang kamu butuhkan. Ini merupakan jenis yang paling membatasi dan akan memberikan impression yang sangat sedikit. Namun, jika keywordmu cocok dengan sebuah pencarian yang sangat tepat – dan semoga juga cocok dengan iklan dan landing pagemu – kamu bisa melihat performa yang lebih baik.

Jadi jika kamu menggunakan Phrase Match dan Exact Match, Google masih mengatur kapan iklanmu akan muncul. Hal itu membawa kita ke jenis keyword terakhir: Negative Keywords.

Negative Keywords

Negative Keywords adalah kebalikan dari Phrase Match dan Exact Match. Dengan Negative Keywords, kamu menginstruksikan mesin pencari keyword apa yang kamu tidak ingin munculkan. Misalnya, iklan PPC ingin menggunakan “red shoes” sebagai keyword yang ditambahkan Negative Keyword untuk “ruby” atau “slippers” untuk menghindari pencarian dengan kata kunci “ruby slippers.” Kamu juga bisa menambahkan “loafers,” “sandals,” “flip flop,” atau jenis sepatu lainnya yang tidak cocok dengan inventaris barang yang dijual. Negative Keywords bisa memastikan kamu tidak membuang-buang uang untuk klik hasil yang tidak relevan.

Pencarian menggunakan keyword sangat penting bagi kamu pelaku iklan PPC. Pastikan kamu menggunakan jenis match yang tepat agar mendapatkan hasil final sesuai targetmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *