5 Tips Ampuh Typography untuk Home Page Web-mu

Typography

Seperti kita tahu tampilan home page website yang buruk akan membuat pengunjung merasa risih dan tidak nyaman, sehingga mereka dapat beralih ke website lain yang lebih baik.

Ada satu elemen utama dari home page yang memegang peranan penting dalam menciptakan tampilan yang konsisten dan indah, yaitu Typography. Nah, pada artikel ini kita akan membahas tips bagaimana membuat Typography yang baik untuk home page website.

1. Sesuaikan jenis font dengan tema website

Typography adalah cara yang bagus untuk memberikan lapisan tambahan untuk merek kita. Pastikan menggunakan jenis font yang sesuai dengan tema website kita. Misalnya, style dan font yang digunakan pada home page profil perusahaan sangat berbeda dengan home page pada web portfolio.

Apapun jenis font yang kita gunakan pastikan harus jelas, terbaca, dan terlihat dari perangkat apapun.

2. Perhatikan penggunaan white space (ruang kosong)

White space sering kali dapat menjadi teman terbaik bagi seorang desainer. Menambahkan white space dalam desain home page dapat membuat desain tampak elegan, rapi dan enak dipandang. Desain yang terlalu ramai dapat membuat pembaca merasa jenuh, bingung, dan bahkan dapat membuat mereka meninggalkan website Anda.

Pastikan membuat desain yang user-friendly dengan ruang kosong yang memadai untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

3. Tetap konsisten

Memandu pelanggan melalui desain home page memang tidak mudah, sehingga penting bagi kita untuk menjaga semua hal tetap konsisten. Jangan terlalu banyak menggunakan font, styles, atau warna yang dapat membuat pelanggan bingung untuk mencari tombol call-to-action.

Konsistensi juga penting untuk identitas merek, memiliki style sendiri pada seluruh halaman website akan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung. Pertahankan konsistensi Typography pada home page kita dengan desain yang baik.

4. Sederhana

Dari sisi UX, Typography sangat penting untuk hirarki dan kegunaan dari home page. Pertahankan font tetap sederhana. Pertimbangkan berapa banyak kapitalisasi yang harus digunakan, dan dimana.

Cara terbaik untuk memastikan pengunjung dapat memahami setiap “bagian-bagian penting” dari home page kita adalah dengan tidak menggunakan lebih dari dua jenis font. Tebal dan tinggi font yang dipilih juga harus bervariasi dan disesuaikan dengan penempatannya, sehingga tetap menciptakan tampilan yang sederhana.

5. Mobile, mobile, mobile

Seperti kita tahu bahwa saat ini perangkat mobile terus tumbuh. Orang mulai beralih dari PC atau laptop ke perangkat mobile untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk itu, kita semua harus memperhatikan bagaimana Typography pada home page dapat terlihat jelas di perangkat mobile. Hati-hati dalam mempertimbangkan segala sesuatu dari jenis dan ukuran font hingga jumlah karakter.

Ingat, bahwa orang-orang terbiasa dengan melakukan scrolling untuk membaca informasi, jadi pastikan desain dan Typography kita dapat bekerja dengan baik.

Nah, karena Typography itu sangat penting, jadi jangan pernah mengabaikan elemen ini dalam desain home page sebuah web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *