4 Tips Mendapatkan Ranking Aplikasi Anda di Search Engine

social-entrepreneurship (1)

Jika Anda memiliki aplikasi yang ingin memiliki rangking dengan mesin pencarian, Anda harus mengikuti upaya pengoptimalan khusus aplikasi.

Peringkat sebuah aplikasi tidak seperti menentukan peringkat halaman web. Meskipun ada beberapa kesamaan, ada juga beberapa faktor peringkat yang unik untuk aplikasi.

Inilah yang perlu anda ketahui tentang aplikasi SEO.

Aplikasi Anda Butuh Kehadiran di Hasil Pencarian

Anda mungkin berpikir bahwa hal itu menjadi “cukup baik” agar aplikasi Anda dapat dinilai dengan baik di toko aplikasi. Sayangnya bukan.

Anda perlu memberikan peringkat pada aplikasi Anda sehingga muncul di halaman hasil mesin pencari (SERPs). Jika tidak, Anda akan membatasi potensi Anda.

Menurut laporan terbaru, 27% pengguna menemukan aplikasi dengan penelusuran web. Hasilnya lebih dari seperempat dari semua pengguna aplikasi.

Jika Anda mengabaikan pengguna, maka Anda kehilangan pangsa pasar pesaing.

Selain itu, Google memberi penekanan lebih pada unduhan aplikasi dari hasil penelusuran. Dengan kata lain, Google menyukai mesin telusur sendiri melalui Google Play.

Meskipun 40% orang masih menemukan aplikasi dengan mencari di toko aplikasi, Anda akan gagal menjangkau orang-orang pada sasaran target Anda jika tidak mengoptimalkan aplikasi untuk mesin telusur.

Selain itu, Google semakin baik dalam aplikasi peringkat. Maka, itulah alasan lain untuk berlatih aplikasi SEO.

Paket Aplikasi

Tidak semua aplikasi merupakan aplikasi seluler. Namun, kebanyakan orang berpikir aplikasi seluler saat mereka mendengar kata “aplikasi”.

Itulah sebabnya Google menampilkan paket aplikasi di bagian atas hasil penelusuran seluler. Paket aplikasi mencakup portofolio satu, tiga, atau enam aplikasi yang sesuai dengan istilah pencarian. Jika lebih dari enam aplikasi cocok dengan kueri, paket aplikasi menampilkan panah sehingga pengguna dapat menelusuri hasil lainnya.

Paket aplikasi juga memberikan pengguna gambaran menyeluruh tentang setiap aplikasi. Selain judul dan gambar, pengguna juga akan melihat rating aplikasi dan harganya.

Pengguna yang mengeklik aplikasi di paket aplikasi akan dibawa ke toko tempat mereka dapat memasangnya.

Selain itu, paket aplikasi hanya menampilkan aplikasi yang didukung pada sistem operasi yang mendasarinya. Jadi, pengguna iOS tidak akan pernah melihat aplikasi yang hanya tersedia di Android.

Sisi Lain Koin

Meskipun akan lebih bagus lagi jika Anda berhasil menentukan peringkat aplikasi Anda di paket aplikasi, ada “sisa cerita” yang perlu Anda sadari.

Jika aplikasi Anda muncul di paket aplikasi, Anda akan kehilangan peringkat organik untuk hasil web.

Misalnya, jika situs Anda saat ini berada di puncak SERPs untuk kata kunci dan Anda berhasil mendapatkan aplikasi di paket aplikasi, situs Anda dapat kembali ke halaman 2 atau 3. Jelas, hal itu akan mempengaruhi jangkauan organik Anda.

Tips # 1: Mulai Dengan Riset Kata Kunci

Cara terbaik untuk memulai dengan pengoptimalan aplikasi juga merupakan salah satu titik awal untuk pengoptimalan halaman website: penelitian kata kunci.

Kabar baiknya, penelitian kata kunci biasanya jauh lebih mudah dengan aplikasi daripada dengan halaman web. Anda mungkin tidak perlu menggunakan alat seperti SEMRush untuk menemukan sejumlah besar kata kunci yang berpotensi memberikan peringkat.

Sebagai gantinya, Anda hanya perlu menjawab pertanyaan berikut: apakah aplikasiku?

Apakah aplikasi Anda merupakan editor foto? Kemudian rangking untuk istilah “editor foto.”

Apakah aplikasi Anda merupakan perenca perjalanan? Kemudian rangking untuk istilah “travel planner.

Itulah jenis istilah yang dicari orang saat mereka menggunakan Google untuk menemukan aplikasi.

Tips # 2: Optimalkan Judul dan Deskripsi

Setelah Anda mendapatkan kata kunci, saatnya untuk mengoptimalkan halaman aplikasi. Hal itu melibatkan optimalisasi judul dan deskripsi.

Google melihat judul aplikasi seperti penayangan tag judul di laman web. Demikian pula, Google melihat deskripsi aplikasi seperti konten halaman web.

Jadi, begitu kata kunci Anda terinci sertakan dalam judul dan taburi sepanjang deskripsi. Hati-hati! Jangan terlalu sering menggunakan kata kunci dalam deskripsi, jika Google mungkin melihatnya sebagai isian kata kunci.

Anda juga harus memasukkan nama perusahaan Anda dalam judul. Misalnya, Anda bisa membuat judul seperti: “Photo Editor by PhotoBomb”. Ingatlah bahwa Anda mungkin dibatasi oleh jumlah karakter. Anda mungkin harus kreatif dengan judulnya.

Tip # 3: Dapatkan Beberapa Ulasan Hebat

Anda memerlukan ulasan aplikasi Anda jika menginginkan sebuah peringkat.

Terdapat dua alasan. Pertama, Google mungkin akan memberi peringkat pada situs Anda berdasarkan kata kunci dalam ulasannya. Ingatlah, kata kunci di bagian atas halaman mungkin akan memiliki relevansi yang lebih dari kata kunci di bagian bawah.

Kedua, rating star aplikasi Anda akan mempengaruhi rangkingnya. Itulah sebabnya beberapa aplikasi dengan peringkat bagus dan pengoptimalan kata kunci yang buruk mengungguli aplikasi lain dengan rating rendah dan pengoptimalan kata kunci yang sangat baik.

Google adalah semua tentang pengalaman pengguna. Itu sebabnya akan mendorong aplikasi dengan nilai terbaik ke puncak SERPs.

Selain itu, peringkat akan berdampak pada rasio klik—tayang aplikasi. Itu kemungkinan akan mempengaruhi pangkatnya juga.

Tips # 4: Gunakan Kata Kunci Spesifik App

Jika Anda ingin mendapatkan lompatan pada persaingan, maka harus menentukan peringkat aplikasi. Triknya gunakan kata kunci spesifik aplikasi. Misalnya, sertakan kata “aplikasi” di kata kunci Anda.

Mengapa itu penting? Karena orang yang mencari aplikasi dari Google akan sering menyertakan kata “aplikasi” di kunci penelusuran. Dengan kata lain, mereka tidak akan mencari “editor foto” tetapi mereka akan mencari “aplikasi editor foto”.

Jika Anda memberi peringkat untuk kata kunci yang menyertakan “aplikasi”, kemungkinan besar Anda akan melakukan yang lebih baik daripada pesaing yang tidak berperingkat apapun dengan “aplikasi” di dalamnya.

Selain itu, optimalkan sistem operasi atau merk ponsel. Sekali lagi, orang yang menggunakan mesin pencari kemungkinan akan menyertakan platform mobile mereka dalam istilah pencarian (misalnya: “editor foto untuk iPhone”).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *