3 Cara Menggunakan Psikologi Untuk Meningkatkan Keterlibatan Sosial

AAEAAQAAAAAAAAIcAAAAJDNkYjgwNTQyLTI5YzEtNDFiZi04Mzg2LWU2NGZmOWE1MDU3MQ

Keterlibatan sosial dapat dibangun dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan pendekatan psikologi. Memahami bagaimana kerja otak pelanggan Anda (dan Anda sendiri) dapat membantu menyediakan konten yang lebih baik dan meningkatkan keterlibatan sosial. Dalam postingan ini, kami akan mengungkapkan konsep menarik dalam psikologi dan menjelaskan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan keterlibatan sosial dan penjualan dalam situs Anda.

  1. Tingkatkan Traffic (Lalu Lintas) Sebesar 50% Dengan Bukti Sosial

Anda mungkin tidak terkejut saat melihat bahwa bukti sosial masuk dalam daftar ini. Ini adalah alat psikologis yang kuat dan mampu membangun kepercayaan antara Anda dan pelanggan. Bukti sosial ini dapat berupa review dari produk atau layanan Anda. Yotpo melakukan studi pada konsumen dengan pengambilan keputusan dari 500 situs yang berbeda. Mereka menemukan bahwa ketika situs tersebut menambahkan review sosial untuk situs mereka, maka rata-rata trafficnya meningkat 50 persen selama tiga bulan ke depan.

Apa Yang Dikatakan Dalam Ilmu Psikologi

Dalam ilmu psikologi, bukti sosial adalah konsep bahwa orang akan mengikuti tindakan orang lain dengan asumsi bahwa tindakan tersebut mencerminkan perilaku yang benar. Oleh karena itu, melihat review positif dapat menanamkan pada diri seseorang sebuah keinginan untuk mengikuti tindakan tersebut. Kita cenderung untuk mendengarkan review orang-orang, terutama ketika berada di persimpangan untuk membeli produk dan sebagainya.

  1. Tingkatkan Jutaan Followers Menggunakan Kepribadian

Menjadi sarana sosial dapat menunjukkan warna sejati Anda. Misalnya seperti Flo, maskot  dari perusahaan asuransi Progressive. Flo memiliki halaman Facebooknya sendiri dengan hampir 5 juta followers. Tapi tahukah Anda, halaman Facebook dari perusahaan Progressive sendiri hanya memiliki 380 ribu folllowers. Di sini Anda dapat melihat seberapa kuat kepribadian seseorang dalam meningkatkan keterlibatan.

Apa Yang Dikatakan Dalam Ilmu Psikologi

Menurut sebuah penelitian, Anda harus memiliki wajah atau kepribadian dalam bisnis yang dijalankan. Orang-orang lebih cenderung untuk membeli dari orang yang mereka sukai. Lalu bagaimana Anda menambahkan kepribadian untuk bisnis? cobalah tips ini:

  • Menggunakan gambar dari tim Anda dalam postingan dan header image sosial media Anda
  • Gunakan maskot untuk ciri khas dari bisnis Anda
  • Biarkan tim Anda terhubung dengan pelanggan menggunakan nama asli dan identitas mereka untuk lebih dekat dengan pelanggan
  1. Tingkatkan Penjualan Hingga 300% Melalui Timbal Balik

Timbal balik adalah salah satu prinsip-prinsip psikologis yang paling kuat dan dapat Anda manfaatkan. Orang-orang senang mendapatkan barang gratis, dan mereka akan sering membalas budi dengan melibatkan Anda dan bahkan melakukan pembelian. Itulah yang membuat kontes di sosial media dan giveaway sangat efektif untuk membangun keterlibatan.

Apa Yang Dikatakan Dalam Ilmu Psikologi

                Pada dasarnya, timbal balik yang tertanam dalam diri kita sebagai sebuah prinsip evolusi agar kita tetap hidup. Kita harus belajar untuk berbagi kepada yang lain dengan asumsi bahwa tindakan kebaikan akan dikembalikan di beberapa titik. Anda dapat melakukan timbal balik untuk meningkatkan keterlibatan sosial dengan cara:

  • Memberikan uji coba gratis dan eksklusif untuk followers di sosial media
  • Berikan bonus poin dan ucapan terimakasih untuk orang-orang yang paling terlibat dengan Anda
  • Bagikan postingan blog dari followers Anda yang sesuai dan tag kepada mereka
  • Beirikan surprise kepada pelanggan Anda dengan memberi hadiah keren seperti kaos, topi, atau tas
  • Mengadakan kontes dan giveaway.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *