10 Item Sidebar yang Paling Populer Untuk Blog

widget blog

Sidebar adalah bagian dari layout dari sebuah website/blog. Sidebar merupakan kolom yang berada disebalah kiri atau kanan blog. Sidebar blog dapat diisi dengan beberapa item yang berguna untuk pengunjung. Penasaran, item apa saja sih yang harus ada dalam sidebar? Berikut 10 item sidebar yang paling populer untuk blog.

1. About atau biografi singkat

Sidebar adalah tempat yang bagus untuk memperlihatkan siapa “saya”, sehingga pengunjung dapat mengetahui tingkat keahlian atau kepentingan dalam topik blog Kita. Kita dapat menambahkan item ini melalui link ke halaman “About Me” atau biografi singkat yang ditampilkan pada sidebar.

2. Foto profil

Untuk lebih membangun identitas kita sebagai seorang blogger (terutama jika kita mencoba untuk memperkenalkan diri sebagai seorang ahli dalam bidang yang kita geluti melalui blog), sertakan foto profil kita pada sidebar bersama dengan link ke halaman “About” atau biografi singkat. Menambahkan foto profil juga dapat membantu untuk personalisasi blog. Ingat, blogger yang sukses menciptakan hubungan yang baik dengan pembaca mereka. Sebuah foto dapat membantu memperkuat hubungan kita dengan pembaca.

3. Informasi kontak

Menyertakan informasi kontak pada sidebar blog sangat berguna bagi blogger yang menggunakan blog untuk kepentingan bisnis. Jika kita memiliki blog untuk berjualan, maka buat agar pengunjung semakin mudah untuk menghubungi kita.

4. Blogroll

Salah satu hal paling penting yang bisa dimasukkan ke dalam sidebar adalah blogroll. Blogroll dapat membantu untuk mempromosikan blog kita melalui jaringan dengan sesama bloggers.

5. Link ke blog atau website lain

Sidebar memberikan banyak cara untuk kita dapat mempromosikan blog lain, website, atau bisnis online. Selain blogroll, kita dapat menambahkan sendiri link ke blog lain dan website di sidebar.

6. Daftar kategori

Untuk memudahkan pembaca blog menemukan konten kita, buatlah kategori untuk arsip semua post dan sertakan link daftar kategori di sidebar.

7. Daftar arsip

Cara lain untuk memudahkan pembaca menemukan konten lama di blog kita adalah melalui link arsip (biasanya berdasarkan bulan) pada sidebar.

8. Post terbaru

Mudahkan pembaca untuk menemukan posting terbaru blog kita dengan menyertakan daftar link untuk posting terbaru pada sidebar. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan page view dan juga mempertahankan pengunjung berada lama di blog.

9. Komentar terbaru

Seperti posting terbaru di sidebar, hal yang sama juga dapat kita lakukan dengan menyertakan komentar terbaru pada sidebar untuk mendorong percakapan.

10. Posting terpopuler

Sidebar adalah tempat yang bagus untuk menampilkan posting terpopuler. Orang akan melihat link tersebut dan penasaran ingin membacanya mengapa posting tersebut begitu populer.

Itulah 10 item sidebar yang paling populer untuk blog. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *